Desa Wisata Sawarna

Posted: Februari 1, 2012 in Uncategorized

desa sawarnaDesa Sawarna, Menurut sejarahnya, pada zaman kolonial Belanda, Desa Sawarna merupakan sentra perkebunan kelapa untuk diolah menjadi kopra dan minyak kelapa. Konon, Jean Louis Van Gought adalah orang Belanda pertama yang membuka perkebunan kelapa di sana pada sekitar tahun 1907 M. Sampai sekarang pun desa ini masih terkenal sebagai sentra penghasil kelapa di Kabupaten Lebak. Kelapa dari desa ini banyak dikirim ke Jakarta, Bandung, Bogor, dan kota-kota lainnya.

Ketika Jepang berkuasa di Indonesia, Desa Sawarna dijadikan lokasi penambangan emas. Sebagai buktinya, di desa nan permai ini masih terdapat lobang-lobang bekas penggalian emas. Oleh sebab itu, masuk akal kiranya bila desa yang berada di ujung selatan Provinsi Banten tersebut dinamakan Desa Sawarna yang berasal dari akar kata suarna yang artinya emas.

Dewasa ini, desa yang terletak di sebelah barat Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini terkenal sebagai desa wisata yang mempunyai berbagai destinasi wisata, seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata yang ramai dikunjungi oleh turis domestik dan mancanegara pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya. Melihat potensi wisata yang sedemikian rupa, sejak tahun 2000 Desa Sawarna menjadi desa binaan Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Banten. Dan, pada tahun 2004, pemerintah Provinsi Banten meresmikannya sebagai desa wisata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s