Klenteng Tanjung Kait

Posted: Februari 1, 2012 in Uncategorized

Klenteng Tanjung Kait adalah salah satu obyek wisata sejarah yang terletak di Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten. Klenteng yang dibangun pada tahun 1792 M ini juga disebut sebagai Klenteng Tjoe Soe Kong. Menurut masyarakat setempat, sejak tahun 1960 M banyak orang yang datang untuk sembahyang dan berdoa ke kelenteng ini, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Selain sebagai tempat sembahyang dan berdoa, klenteng ini juga dipercaya sebagai tempat yang tepat untuk meramal nasib.

Pada zaman dulu, klenteng ini merupakan tempat berlindung masyarakat Banten ketika terjadi bencana letusan Gunung Krakatau yang menimbulkan gelombang tsunami. Walaupun tidak jauh dari bibir pantai, klenteng ini terhindar dari terjangan gelombang tsunami itu. Karena sebagai tempat berlindung itulah, maka masyarakat Banten mengenang peristiwa itu dengan menetapkannya sebagai klenteng yang bersejarah. Oleh Pemerintah Propinsi Banten, klenteng ini ditetapkan sebagai cagar budaya yang harus dijaga dan dilindungi keberadaannya.

Klenteng Tanjung Kait memiliki sumber mata air (sumur) yang telah berumur ratusan tahun dan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya. Sumber mata air ini tidak habis airnya walaupun diambil secara terus menerus dalam jumlah yang besar. Banyak pengunjung yang datang mengambil air sumur itu, karena dipercaya mengandung banyak berkah bagi yang menggunakannya.

Selain keberadaan sumur tersebut, keistimewaan Klenteng Tanjung Kait juga dapat dilihat dari gaya arsitekturnya. Keunikan itu terlihat pada dua buah bangunan seperti pagoda yang terdapat di depan bangunan utama klenteng, yang hampir mirip dengan menara Masjid Agung Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s