Taman Wisata Alam Pulau Sangiang

Posted: Februari 1, 2012 in Uncategorized

Pulau Sangiang ,Pulau yang satu ini berada di Selat Sunda, lebih tepatnya di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Serang, Banten. Kalau dari Kota Serang, bisa menggunakan bus atau kendaraan pribadi menuju Cilegon, kemudian dilanjutkan ke Anyer dan berhenti dikawasan Pantai Manuk di Desa Cikenong. Dari Pantai Manuk, perjalanan dilanjutkan langsung ke Pulau Sangiang dengan menggunakan kapal atau perahu motor. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Sangiang ±1 jam perjalanan, tergantung besar kecilnya ombak laut.

Mengunjungi pulau ini, ibarat pepatah “Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Mengapa demikian? Karena di Pulau Sangiang memadukan wisata alam, wisata sejarah dan juga wisata ilmiah. Sehingga tak heran, ketika berkunjung ke Pulau ini terkadang berjumpa dengan beberapa ilmuan, mahasiswa, pelajar maupun masyakatat umum yang sedang melakukan penelitian.

Di kawasan hutan Sangiang, terdapat berbagai jenis flora langka, seperti cemara laut, dadap laut, bayur dan beberapa jenis lainnya. Sedangkan untuk faunanya, ada lutung, kera, kucing hutan, burung walet dan juga landak. Namun jika sedang beruntung, kita juga bisa menjumpai ular sanca dan burung bluwok yang sedang berkeliaran di dalam hutan. Setelah puas menelusuri hutan Sangiang, perjalanan dapat dilanjutkan menuju bangunan tua yang berada di kawasan Pos TNI Angkatan Laut. Bangunan ini pernah dijadikan benteng pertahanan tentara Jepang ketika Perang Dunia II terjadi.

Setelah puas berwisata di daratan, rasanya kurang lengkap bila tidak menikmati keindahan lautnya. Ada beraneka jenis ikan hias dan terumbu karang yang terdapat di dalam Laut Sangiang. Tidak perlu jauh-jauh menyelami Laut Sangiang, namun cukup dengan snorkeling di tepi lautnya saja. Namun, jika kurang puas menikmati keindahan Laut Sangiang dengan snorkeling, kita juga bisa menyelam atau menyewa perahu boat menuju tengah laut dan mengelilingi Pulau Sangiang secara keseluruhan sambil menikmati keindahan alam Pulau Sangiang.

Udaranya yang sejuk dan segar, pepohonannya yang hijau dan rindang, serta ditingkahi oleh kicauan beraneka burung, menjadikan Taman Wisata Alam Pulau Sangiang tepat sekali dipilih sebagai tempat rekreasi yang mengasyikkan bersama keluarga atau kolega.

Di kawasan ini, terdapat berbagai flora langka, seperti cemara laut (casuarina equisetifolia), dadap laut (erithrina variegata), bayur (pterospermum javanicum), ketapang (terminalia catappa), nyamplung (callopphyllum inoplhylum), api-api (avicenia sp), waru laut (hibiscus tiliaceus), walikukun (actinophora fragrans), dan lain sebagainya.

Berbagai fauna langkanya, seperti lutung (trchyptus auratus), kera (macaca fascicularis), kucing hutan (felis bengelensis), landak (hystrix bachura), burung walet (collocalia vulvanorum), burung bluwok (ibis cinereus), kuntul berang (egretta sacra), kuntul kerbau (ardeola speciosa), kuntul besi (threskiornis aethopica), alap-alap (elanus hypoleucus), dan ular sanca (phyton reticularis), juga mudah dijumpai di kawasan ini.
Pada sisi barat laut dan selatan Pulau Sangiang, serta di sepanjang Pantai Batu Mandi dan Gunung Gede, merupakan kawasan wisata alam yang menantang dan sekaligus mengasyikkan. Kawasannya yang luas dan didukung oleh kontur medan yang beragam, memberi cukup ruang kepada pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti olahraga lintas alam, mendaki gunung, menyusuri lembah, bersepeda, berkemah, memotret, serta menikmati panorama pantai yang landai dan curam.

Bagi peminat scuba diving, snorkling, berjemur, memancing, berperahu, serta melihat keindahan terumbu karang dan taman laut dengan glass bottom boat, dianjurkan mengunjungi kawasan Tanjung Raden, Legon Waru, dan perairan laut selatan yang terdapat di dalam Pulau Sangiang. Dari kawasan ini, juga terlihat lalu-lalang kapal feri Merak-Bakauhuni dan kesibukan kapal dagang di tepi pantai Cilegon.
Untuk menikmati wisata sejarah, pengunjung dapat mendatangi kawasan di sekitar Pos TNI Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s