NTB

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%).

NTB memiliki berbagai tempat-tempat wisata antara lain

Gunung Rinjani terletak di sebelah utara Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia sehingga termasuk dalamseven sumit Indonesia. Ketinggian puncak Gunung Rinjani hanya dikalahkan olehCartenz Pyramid di Papua dan Gunung Kerinci di Sumatra.

Selanjunya


Bukit Malimbu adalah dataran tinggi yang merupakan terusan area pantai Senggigi. Konon,  nama Malimbu berasal dari nama daerah wisata terkenal di Amerika, Malibu. Namun karena lidah orang lokal tidak terbiasa dengan nama tersebut, maka penyebutannya berubah menjadi Malimbu.

Selanjutnya


Taman Narmada, Seperti kerajaan-kerajaan lainnya di Nusantara, kerajaan-kerajaan  Bali yang pernah berkuasa di Pulau Lombok banyak membangun taman-taman sebagai  tempat peristirahatan para Raja untuk menikmati suasana alam setelah penat  dengan urusan kerajaan.

Selanjutnya


Pura Batu Bolong , Berwisata ke Lombok sepertinya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Senggigi, obyek wisata andalan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menjanjikan pesona tersendiri.

Selanjutnya


Air Terjun Sendang Gile. Lokasi air terjun yang berada di kawasan Rinjani ini dinamakan Sendang Gila (baca gile), karena menurut cerita, penduduk setempat secara tidak sengaja menemukan air terjun ini kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan.

Selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s